RSS

Dalam Tuhan ada jalan keluar

Dalam setiap kepanikan, ketahuilah pasti Tuhan sudah menyiapkan kejutan setelah kepanikan itu.
Dalam setiap kebuntuan, ketahuilah pasti Tuhan sudah menyiapkan jalan keluar setelah kebuntuan itu.

Hari ini, aku kembali mengalami campur tangan Tuhan untuk membantu terselesainya pekerjaanku. Pekerjaan memang menuntut kerja keras dan tanggung jawab. Bagiku adalah hal yang tidak biasa untuk melakukan pekerjaan yang terkait dengan server + linux + command line. I’m not a qualified person to do this job. Tapi, justru disinilah pointnya, bagi Tuhan, kita patut bersyukur karena dalam segala kelemahan2 kita, disitulah letak kekuatan kita. Lagi-lagi, Tuhan membentuk kita melalui masalah. Masalah membuat manusia untuk mengandalkan Tuhan dan kamu akan melihat kuasa Tuhan dahsyat. Sesuatu pekerjaan yang sulit bagiku untuk aq kerjakan, dan membuat aq mencari bala bantuan untuk membantu memecahkan masalah tsb, hingga kepanikan memenuhi pikiranku, namun akhirnya pertolongan Tuhan nyata dan Ia mengirim orang untuk membantuku and absolutely It Works !!

Semua ini adalah proses pembelajaran, pengalaman yang sangat berharga, dan yang paling penting adalah proses pembentukan karakter.   Apa pelajaran melalui kejadian ini ? Tuhan memakai kelemahan kita untuk membentuk kita baik dari segi pengetahuan maupun kepribadian/karakter. Seperti halnya pekerjaan ini, sejujurnya aq bukan orang yang jago IT (seperti yg sudah kukatakan di postingan terdahulu), aq hanya orang yang mau belajar dan berusaha untuk bertanggung jawab. dan terselesainya pekerjaan ini yang pasti bukan hanya aq yang mengerjakan, tapi karena bantuan orang lain yang pengetahuannya lebih banyak dan pastinya aq jadi belajar juga dengan mereka terkait pekerjaan ini. Melalui kejadian ini, kembali aq diingatkan untuk tetap mengandalkan Tuhan, jangan mudah menyerah, ingatlah setiap orang punya kesusahannya masing-masing, tak perlu kita pandang kesusahan orang itu tidak ada apa2nya dengan kesusahan yang aq alami (misalnya) jadi tidak perlu minder karena ketidakmampuanmu terhadap sesuatu.  Tuhan sedang membentukku agar aq juga lebih percaya diri dan jangan takut karena aq punya Allah yang besar yang sanggup mengatasi setiap persoalanku. Amin. GB

~di dalam Tuhan ada jalan keluar atas masalahmu~

Advertisements
 
1 Comment

Posted by on January 13, 2012 in Life Sharing

 

Tuhan mengasihiku

Andai saja aq membuat catatan kejadian dalam hidupku setiap hari, aq yakin pasti cerita tentang campur tangan Tuhan akan memenuhi setiap catatanku. Ada satu kalimat yang simple tapi sangat bermakna buat hidupku, satu kalimat yang sudah sering banget kita dengar, kalimat yang membawa pengaruh buatku dalam mengambil keputusan, kalimat itu adalah Tuhan mengasihi aku.

Entah kita sadari atau tidak, tahukah kamu bahwa dalam setiap kejadian dalam hidupmu, Tuhan sedang berbicara padamu ? Aku sudah sering mendapat peringatan dan teguran dari Tuhan, ketika apa yang aku lakukan atau akan aq lakukan itu tidak berkenan di hati Tuhan. Tapi berulang kali Tuhan berusaha berbicara kepadaku, berulang kali juga aq tidak mendengarkanNya. Dapatkah anda bayangkan, andai saja aq menurut untuk mendengarkan dan melakukan perintah-Nya ? Mungkin aq tidak perlu terjebak dalam dosa dan tidak terjebak dalam dampak dari kesalahan yang aq lakukan akibat tidak mendengarkan suara-Nya.

Manusia cenderung memiliki rasa ingin tahu terhadap sesuatu, namun tidak semua keingintahuannya itu bernilai positif. Inilah salah satu cara iblis melakukan aksinya. Iblis menggunakan setiap celah yang bisa ia jangkau untuk menghancurkan anak-anak Tuhan. So be carefull !! Karena ingin tahu tentang ini dan itu, maka menumbuhkan keinginan manusia untuk mencoba-coba meskipun ia tahu betul apa yang dilakukannya itu salah. Katakan saja misalnya keinginan untuk merokok atau narkoba atau sex sebelum merit. Perbuatan itu timbul dari adanya keinginan, dan Iblis akan membuat manusia semakin terpuruk dan terus terjatuh dalam dosa, dan semakin membuat kita JAUH dari Tuhan.

Rasa letih, lelah, jenuh dan segudang aktivitas yang cukup menguras tenaga dan waktu pun menjadi cara Iblis untuk menjauhkan kita dari Tuhan. Tidak adanya lagi waktu untuk berdoa, kalaupun berdoa ya ala kadarnya saja *yang penting gw uda berdoa. Tidak ada lagi waktu untuk memuji dan menyembah Tuhan. Tidak ada lagi waktu teduh. Inilah salah satu KRISIS Iman. Kita perlu penyegaran untuk mengembalikan semangat kita. Semangat bukan hanya semangat bekerja. Kalau anda sadari, ketika anda memiliki hubungan yang baik dengan Tuhan, maka perasaan anda akan berbeda, ada SEMANGAT dan SUKACITA yang berbeda. Bandingkan dengan sekalipun karir atau kehidupanmu baik2 saja, namun hubunganmu dengan Tuhan tidak demikian.

Hal inilah yang sudah lama kurindukan.  Merindukan adanya waktu2ku bersama Tuhan, Merindukan hadirat Tuhan dalam hidupku, Merindukan pujian2 dan penyembahan bagi Tuhan, dan Merindukan sukacita yang berbeda di dalam Tuhan. KRISIS Iman yang aq alami semenjak mulai bekerja, membuat aq benar2 merasa JAUH dari Tuhan. Hingga akhirnya hari minggu kemarin 07012012 di Gereja, saat didoakan oleh pendeta, aq terjatuh dan dapat secara lepas berdoa dan menangis kepada Tuhan. Aq merasa Tuhan pun sedang menangis bersamaku dan memelukku, betapa aq merasakan Tuhan merindukanku, namun aq semakin jauh dari Tuhan karena segala kesibukan dan ritunitasku. Hari itu, Tuhan membuat aq merasakan kembali betapa Tuhan mengasihiku. Dan tahukah kamu, bahwa selalu ada cara Tuhan untuk membawa anak-anak-Nya kembali kepada-Nya.

Jika saat ini, engkau merasa begitu jauh, saya menyarankan anda mengambil waktu sejenak untuk berdiam diri, jauh dari segala rutinitas anda, pejamkan mata anda, dan cobalah MENGINGAT setiap perbuatan Tuhan dalam hidupmu.

  • Mengingat semua yang Tuhan lakukan dalam hidup kita dapat mempertebal iman dan memampukan kita untuk menghadapi tantangan apapun yang menghadang kita.
  • Mengingat semua yang Tuhan lakukan dalam hidup kita dapat merangsang pikiran yang positif dan dapat mendorong kerinduan kita untuk datang kepada-Nya.
  • Mengingat campur tangan Tuhan dalam kehidupanku, memberikanku iman dan keberanian untuk menghadapi tugas-tugas yang harus kuhadapi saat ini.

Tuhan Yesus memberkati.

 
1 Comment

Posted by on January 9, 2012 in Life Sharing

 

New Year 2012

It’s all because of grace,..

 
Leave a comment

Posted by on January 1, 2012 in Life Sharing

 

Christmas Time…..

Woww,.It’s Christmas Time…Thanks God masi bisa ngerasain Natal bersama keluarga. Thanks God buat malam natal yang berkesan bisa sharing beban sama mama,ayah,adek,opa,dan oma..terharu :’)

Akhirnya setelah kurang lebih 5 tahun sejak Natal tahun 2005, sekarang bisa ngerasain indahnya Natal bersama keluarga di rumah sendiri bahkan ada oma dan opa dan ada adek lucu di rumah, bisa ngerasain indahnya berbagi karena mama bikin open house dan bisa ngerasain repotnya nyiapin konsumsi untuk natal, semuanya seru dan berkesan.Khususnya malam Natal yang indah.

Natal tahun lalu, kami berkumpul di Surabaya dimana malam natal juga kami isi dengan sharing beban. Natal tahun ini juga demikian, bisa saling share dan saling terbuka serta saling memaafkan. Bersyukur masi bisa merayakan Natal bersama keluarga dimana banyak juga teman-teman yang rindu merasakan demikian tapi belum ada kesempatan. Semoga suatu saat mereka juga merasakan kembali Natal bersama keluarga, karena seperti syair lagu ‘I’ll be home for Christmas….‘ paling indah bisa natal bareng keluarga. tapi dimanapun kita berada yang penting makna natal itu bisa memberi arti dalam kehidupan kita.

Aku berdoa akan ada Natal selanjutnya dimana kami sekeluarga berkumpul dan bersama-sama memaknai Natal. Semoga Tuhan senantiasa memberikan kesehatan dan perlindungan bagi kami sekeluarga.

~Merry Christmas 2011. God Bless all of us. ~

 
Leave a comment

Posted by on December 25, 2011 in Life Sharing

 

1st trip to dine to support YKI

Okey, pulang kerja tadi gw lagi pengen jalan dan jadilah manfaatin voucher makan senilai almost Rp 900.000,- from Yayasan Kanker Indonesia. Menurut beberapa temen sih, enak banget gw dapet tuh voucher hanya dengan menyumbang Rp 100.000,- ke Yayasan Kanker Indonesia, gw bisa dapetin voucher makan di 5 tempat makan di beberapa mall mewah di jakarta.

Kalo kata SPG-nya sih, prinsip program ini adalah “yang sakit bisa terbantu proses penyembuhannya, yang sehat bisa teteup sehat dengan makan makanan sehat”.

Dilihat dari lokasi restonya sih, sepertinya emg resto yang lumayan mahal harganya,.kayak yg gw jalanin hari ini,.bisa dibilang 1st trip to dine using YKI’s voucher @I-ta Suki, EX Plaza Indonesia.

Mikir2 tadi pulang kerja, lagi bosen, enakan ajakin frety dan zarot juga buat nyobain voucher ini, sekalian cuci mata di mall mewah 🙂 *lebay deh. Tapi, emang tadi kurang catchy aja pulang kerja, bawa2 ransel berisi laptop, pake celana kain dengan sepatu kets murah yang dibeli obral 🙂 dan yang intinya adalah masuk ke mall mewah like Plaza Indonesia, yang hampir 80% *sok nebak pengunjungnya,.berpakaian 1/4 bahan.

Gw pikir,. emang harus gitu ya dandanan kalo masuk mall mewah..haha. Okey,.sekali2 boleh dicoba kayaknya asal jangan ada aja yg gw kenal trus tiba2 ketemu di mall dan ngeliat gw bergaya dgn pakaian setengah bahan 🙂 *malu deh

Yup, 1st trip adalah ke I-ta Suki Resto. tempatnya keren juga, menunya masakan jepang gitu lha kayak Hanamasa. Kalo yg gw liat tadi, ni resto banyak diminatin kayaknya, soalnya kami aj waiting list ke-3. Kiraen travel doank #korban WL travel. Wah sayang gw lupa potoin voucher yg gw pake. ada 2 voucher yang gw pake:
-voucher gratis 1 porsi ayam sinkawang (Rate ****)
-voucher buy 1 get 1 untuk menu ala carte (Rate ***)

Enak juga rasanya dan yang pasti kenyang banget. Thanks God, masi bisa nikmatin makanan enak. Lumayan lha buat ngilangin penat. Next trip ke resto yang mana ya ?? mau ikut ?? mau ikut ?? …..

 
2 Comments

Posted by on December 19, 2011 in Journey to the..., Life Sharing

 

Jangan Takut

ImageSepenggal tulisan yang memberikan motivasi buat diri sendiri.

Ada keterkaitan yang erat antara kepercayaan dan tanggung jawab. Ketika seseorang melimpahkan kepercayaannya kepada kita, maka saat itulah, kita juga harus bertanggung jawab terhadap kepercayaan tersebut.

Hal ini sudah diajarkan oleh ayahku sejak dulu bahwa kita harus berusaha menjaga kepercayaan yang diberikan orang lain terhadap kita. Bukan hal yang mudah, karena dalam masa kita menjalani tanggung jawab tersebut PASTI akan ada yang namanya godaan dan cobaan, yang dalam saat-saat tertentu sempat membuat kita ingin menyerah atau ada juga yang akhirnya betul2 menyerah dan berkata “saya tidak mampu menjalani tanggung jawab ini”.

Bicara dalam konteks tanggung jawab pekerjaan. Memang tidak logis pikirku, apabila tanggung jawab itu tidak diselesaikan sesuai hasil yang diharapkan, walaupun pada kenyataannya kita memang merasa kesulitan untuk menyelesaikannya, tapi mau ga mau itu harus selesai. #huaaa
Ini nih bagian yang jujur membuatku sedikit kuatir tidak mampu untuk menyelesaikan tanggung jawab tersebut.

Bicara soal kekuatiran/ketakutan, kata ini sepastasnya tidak ada dalam kamus “Orang Percaya”. Alkitab banyak sekali menyinggung tentang ketakutan. Salah satu yang saya kutip adalah (Yesaya 41:10) “janganlah takut, sebab Aku menyertai engkau, janganlah bimbang, sebab Aku ini Allahmu; Aku akan meneguhkan, bahkan akan menolong engkau; Aku akan memegang engkau dengan tangan kanan-Ku yang membawa kemenangan.”

Satu hal yang masih terus saya pegang dan jadi prinsip saya adalah “I’ll do my best, and God do the rest” Jadi, kalaupun pada akhirnya suatu pekerjaan itu selesai atau tidak selesai, ya berarti memang itulah hasil yang Tuhan kasih. Tuhan melihat proses yang kita jalani, karena itu yakinlah dalam menjalani proses itu, Tuhan sedang membentuk karakter kita. Namun, percaya saja apapun hasilnya, itu adalah hasil terbaik yang Tuhan kasih.

~Tanggung Jawab tetaplah tanggung jawab. Jalankan tanggung jawab itu sebaik yang kamu bisa dengan senantiasa melibatkan Tuhan~

 
Leave a comment

Posted by on December 13, 2011 in Life Sharing

 

Mengobati Kepahitan

 

Kalau boleh memilih,. saya lebih memilih kepahitan karena minum obat daripada “kepahitan” karena sakit hati.

Awal mula saya mendengar dan mengetahui istilah “kepahitan” dari ibadah di Gereja, dan istilah ini selalu digunakan untuk mendefinisikan suatu perasaan dimana susah menghilangkan, susah melupakan, susah mengampuni kesalahan yang secara sengaja/tidak sudah dilakukan orang lain terhadap kita.

Saya sempat berada dalam keadaan “galau” (istilah anak muda zaman skrg) ketika menyimpan kepahitan terhadap orang lain. Saya berdoa hingga menitikan air mata untuk memohon Tuhan menghilangkan kepahitan ini dan membuat saya agar bisa mengampuni orang yang sudah menyakiti saya. Memang susah, meskipun saya sudah berdoa dan minta didoakan juga oleh Pendeta di Gereja, tetap saja kepahitan itu masih ada apalagi saya selalu bertemu dengan orang tersebut setiap hari. Sulit sekali rasanya untuk bisa melepaskan pengampunan terhadap orang tersebut.

Reader, buat anda2 yang mengalami dan menyimpan kepahitan terhadap orang lain, dan anda mungkin sudah berdoa berulang kali tapi tetap saja kepahitan itu belum hilang. Kuncinya tidak jauh-jauh “Tetaplah Berdoa” hanya saja doa anda diubah :
1. Jangan hanya fokus pada diri anda (dimana anda berdoa minta Tuhan memulihkan hati kita supaya kita bisa mengampuni)
2. Berdoalah juga untuk orang yang sudah menyakiti anda, Doakan dia, kasihi dia.

Saya berusaha keras untuk melakukan poin yang ke-2 ini, rasanya sangat sulit dan ada pertentangan dalam hati untuk apa saya mendoakan orang yang sudah menyakiti hati saya, memangnya dia peduli.
Tapi memang di poin 2 ini, Tuhan mau supaya kita mulai membuka hati untuk mengampuni orang tersebut, selebihnya biarkan Tuhan yang bekerja dengan caranya.

Saya pernah mengalami 2x kepahitan yang cukup lama waktunya hingga saya akhirnya bisa melupakan dan mau melepaskan pengampunan terhadap org yg sudah menyakiti hati saya. Selama waktu itu, Tuhan memang membentuk karakter saya lebih lagi. Hingga saat ini kalau saya bertemu orang tersebut perasaan saya sudah biasa saja dan saya tidak lagi mengingat-ingat kesalahan yang telah lalu.

~ Tuhan tidak ingin kita menyimpan kepahitan terhadap orang lain. Doakanlah orang yang sudah menyakiti anda dan biarkan Tuhan melakukan caraNya untuk memulihkan hati kita ~

 
1 Comment

Posted by on December 8, 2011 in Life Sharing