RSS

Category Archives: Life Sharing

Why I have to write ?

Menjadi penulis itu bukan hal yang mudah karena sekalipun inspirasi bisa datang dari mana saja, namun apabila tidak ada keinginan untuk menuangkan inspirasi tersebut dalam sebuah tulisan maka inspirasi itu hanya sampai di pikiran kita tanpa ada seorang pun yang mengetahuinya. Padahal bisa jadi, inspirasi tersebut dapat memberikan inspirasi bagi orang lain yang membacanya melalui sebuah tulisan. Tapi hal inilah yang perlu anda ketahui sebagai seorang pembaca, karena bagaimanapun sebuah tulisan ditulis, tulisan tersebut lahir dari sebuah pemikiran yang mungkin tidak dapat diungkapkan dengan kata2 melalui ucapan tapi kata2 melalui tulisan.

Jika anda adalah seorang yang ingin menulis namun tidak tahu apa yang harus anda tulis, maka mulailah dari hal sederhana di sekitar anda. Misal ada sebuah meja di depan anda, maka mulailah menulis tentang meja. Misalkan bentuk meja,kaki meja,kegunaan meja,barang-barang yang berada di atas meja,alas meja,dan banyak hal lain yang bisa anda tulis untuk mendeskripsikan tentang sebuah meja. Apapun yang berada di sekitar anda dapat menjadi inspirasi untuk menulis.

Mungkin anda berpikir untuk menulis sesuatu yang lebih besar dan lebih berarti daripada sebuah meja. Saya beritahu kepada anda bahwa, seorang penulis hebat sekalipun tidak mengawali tulisannya yang begitu hebat secara langsung begitu saja. Ia pun mengawalinya dengan keinginan untuk menulis apapun yang berada di sekitarnya, mungkin diary hidupnya atau orang-orang yang berada di sekitarnya. Namun, ketika Ia membaca kembali tulisannya, Ia menyadari bahwa aku bisa menulis dan aku ingin orang lain pun dapat membaca tulisanku. Keinginan itulah yang membuat penulis-penulis hebat yang anda baca bukunya saat ini, menjadikan tulisan mereka sebagai inspirasi bagi orang yang membacanya, entah apakah itu buku filsafat, humor, novel, buku pelajaran, dan berbagai buku lainnya.

Jadi mari kita patahkan pendapat bahwa menulis itu membutuhkan bakat. Seumur hidup anda pasti pernah menulis, apapun itu. Jadi rata-rata orang di dunia ini bisa menulis, namun kenapa tidak semua orang menjadi penulis. Seorang penulis adalah seorang yang memiliki kesukaan dalam menulis, karena mungkin banyak orang yang bisa menulis tapi tidak banyak orang yang suka menulis, sehingga keinginan untuk menulis itu hanya temporary saja. Saya pribadi bukan orang yang senang menulis apalagi membaca. Dua hobi itu tidak ada dalam diri saya, namun saya selalu merasa sangat disayangkan, banyak inspirasi saya yang hanya berakhir begitu saja di otak saya dan kemudian dilupakan begitu saja, karena inspirasi yang datang tersebut hanya sementara saja.

Untuk itu, saya merasa saya perlu mulai belajar untuk menuangkan inspirasi saya melalui sebuah tulisan. Saya pun mulai belajar menulis melalui media blog. Ada kebanggaan tersendiri yang muncul ketika saya membaca kembali tulisan saya, kebanggaan itu pula yang anda rasakan ketika anda membaca hasil tulisan anda. Apalagi ketika tulisan itu dikomentari oleh orang lain dan orang tersebut merasa menemukan inspirasi melalui tulisan anda. Hal tersebut akan memacu anda menjadi semakin bersemangat untuk menulis hal-hal baru lainnya yang ada di otak anda, yang selama ini hanya diketahui oleh anda.

Melalui sebuah tulisan, anda dapat berbagi informasi dan inspirasi dengan orang lain, bertukar pendapat, dan menjalin relasi dengan orang lain. Jadi, jangan batasi imajinasi anda, jangan batasi inspirasi anda, dan jangan batasi kreativitas anda. Tuangkan semuanya itu melalui tulisan karena inspirasi anda akan menjadi sangat bernilai dan berharga ketika hal tersebut dapat memberikan inspirasi baru bagi orang lain yang membacanya. Dan bagi saya sebenarnya tidak ada tulisan yang bagus ataupun jelek karena setiap tulisan akan memberikan pandangan/kesan yang berbeda-beda bagi orang yang membacanya. Jadi tanamkanlah dalam diri anda, ketika anda mulai menulis yaitu pandangan/kesan apa yang anda ingin orang lain berikan saat membaca tulisan anda, maka saat itulah anda tahu seperti apa anda harus menulis dan tujuan akhir dari tulisan anda. Selamat berkreasi melalui tulisan.

 

 

 

Advertisements
 
Leave a comment

Posted by on July 25, 2012 in Life Sharing

 

Bye Brecelet :(

Alaaammaakk, sedihnya daku pas tiba2 gelangku (Gelang Persaudaraan) putus ๐Ÿ˜ฆ Awalnya cuma main2in tarik ulur tali gelangnya, eh eh eh tiba2 putus,.huaaaa ๐Ÿ˜ฆ
Itulah jawaban dari pertanyaan ini : Gimana rasanya kehilangan sesuatu yang disayangi dan sudah menemani hari-hari dalam hidup kita selama sekian lama?

Gelang itu suatu asesoris penting yang wajib nempel di tangan gw. Pertanyaannya gelang apa dulu ? Banyak banged aneka jenis gelang bisa dilihat dari berbagai sudut. Berbekal pengalaman gw sebagai System Analyst, jadi gw coba petakan jenis2 gelang. Cekidot wae lah gambar disamping kanan bawah ini:

Nah kembali ke pertanyaan sebelumnya “Gelang apa dulu ?” Okey, berhubung tangan gw termasuk mini, gak lebar dan gak gemuk, diameternya juga kecil, jadi gw cocoknya pake gelang yang dari segi ukuran kecil dan tidak terlalu lebar, yang penting adalah saat tuh gelang nempel di tangan gw, gw harus terlihat lebih keren dan kece :-b.

Riwayat Gelang Persaudaraan :
Waktu Beli : Wisudaanku, November 2010
Lokasi Beli : Pinggir jalan di sekitar Kings Shopping Centre Bandung
Momen Beli : Pas lagi jalan2 sama kluarga abis wisudaan, nampaklah di depan kami penjual gelang di seputaran Kings. Langsunglah gw, kakak, dan adik gw nyari 3 gelang yang sama percis jadilah kami namakan gelang ini “Gelang Persaudaraan” Biasalah kami emang sodara yang kompak jadi pengennya sama meskipun bukan sodara kembar 3 ๐Ÿ˜€

Nah gelang persaudaraan ini sudah menemani gw hampir 2 tahun, dan gw termasuk orang yang lebih suka pake gelang ketimbang jam tangan, dan sukanya pake di tangan kiri, lebih keren aja liatnya kalo di kiri ๐Ÿ˜€

Sebelum gelang persaudaraan ini, gw punya gelang juga yang gw pake terus tanpa gw lepas (diiket mati talinya) umurnya sama hampir 2 tahun lebih, gelang yang pertama ini pemberian temen kosan gw dulu waktu masih kuliah dan rasanya kece aja di tangan gw, jadi gw iket mati aja biar ga usah dicopot2.

So, gw berpikir untuk mencari gelang lain yang bisa menggantikan posisi gelang persaudaraan ini di tangan kiri gw. Jadinya gw membongkar kumpulan gelang gw yang sekiranya bisa permanen ditemplokin di tangan dalam jangka waktu lama dan modelnya pun bisa catchy untuk kostum apapun. Maka terpilihlah gelang di samping.

Dua gelang ini udah lama banget gw beli. Yang bertuliskan Toraja, kalo ga salah uda dari tahun 2000 dan masi gw simpen aj. Yang satu lagi biasalah beli di pinggir jalan kota Bandung :D. Cari nama yg pas dengan karakter gelang ini sepertinya nama yg cocok “BITO sang Torayan” artinya Bito seorang Toraja (red: tapi gw Toraja Bajakan) ๐Ÿ˜›

Dan dua gelang ini uda gw iket mati yang artinya bakal nemplok terus di tangan gw kecuali kalo gw gunting. So ini adalah gelang ketiga yang ga tw akan berapa lama bertahan di tangan gw. wkwk

Jadi, intinya adalah gw itu termasuk orang yang setia, kalo sudah suka sama sesuatu dan sudah ngerasa nyaman pasti gw bakal berusaha pertahanin itu kecuali memang sudah tidak bisa lagi dipertahankan. Akhir kata, gw ucapkan Welcome to my “3th Generation Bracelet, BITO Sang Torayan”

~Curhatin Gelang aja ampe segitu dalemnya,
Penting ga sich ?? Bersyukur cuma kehilangan gelang~

 
Leave a comment

Posted by on June 22, 2012 in Life Sharing

 

My dream, My hope, My prayer

Bermimpi dan berkhayal adalah 2 hal yang cukup lekat sama gw. Cuma dibalik 2 kata kerja itu ada 2 kata kerja lagi yang menopangnya yaitu Berharap dan Berdoa. Kalau ada pernyataan yang mengatakan bahwa “Manusia memang tidak pernah puas” , maka pernyataan itu adalah benar adanya.

Apa yang gw dapet saat ini adalah impian dan khayalan serta harapan dan doa gw di beberapa tahun lalu. Tapi seiring waktu dan sikon yang berbeda, dan banyak lagi faktor-faktor lain, maka gw tidak cukup puas dengan apa yang gw dapet saat ini. Gw masih punya segambreng lagi mimpi-mimpi yang belum terwujud. Salah satunya yang pengen banget gw raih adalah jadi penyanyi. hahahahaha. Kalo ngomongin mimpi gw yang satu ini kok kayaknya susah banget buat ngeraihnya. Kalau gw bilang bakat ada tapi wadahnya belum mampir ke gw. Atau mungkin udah pernah mampir tapi ga gw manfaatin. Entahlah, gw sekarang lagi berusaha belajar vokal buat memperdalam teknik dan dimana ada kesempatan buat nyanyi, sebisa mungkin gak gw lewatin kalo emang gw bisa.

Cuma kadang gw mikir, kira2 profesi apa ya yang cocok buat gw, dimana gw bener2 ngerasa enjoy ngelakuinnya karena mungkin emang hobi gw.ย  Kalo uda mikir gini bawaannya jadi ngebayangin berapa lama ya gw kerja di dunia IT. Sejujurnya sih gw jalanin aja kerjaan gw di IT ini dengan penuh tanggung jawab cuma feel nya emang beda dengan ketika gw nyanyi di suatu tempat. Huaaaaaaa,..gw mau jadi penyanyi aja donk Tuhan,..Pllllissssss

Mengerjakan sesuatu yang emang menjadi kesenangan kita tuh emang rasanya bakal enjoy banget. Itu yang pengen gw raih saat ini dan saat yang akan datang. Gw punya mimpi dan harapan untuk menjadi professional di bidang yang gw senangi, di bidang dimana gw enjoy ngerjainnya. Semoga Tuhan denger kerinduan gw ini ๐Ÿ˜€

~When there is a will there is a way and God listen to your will~

 
Leave a comment

Posted by on May 2, 2012 in Life Sharing, Singing

 

Problems and Solutions

Berada dalam suatu pergumulan hidup yang terus-menerus rasanya bener2 membuat fisik dan batin lelah. Pengen lari sejauh mungkin dari semua orang yang gw kenal dan berada di lingkungan baru yang gak kenal gw sama sekali, trus memulai menjadi pribadi baru dari segi penampilan maupun karakter.

Emang gini ya kehidupan manusia selama masih berada di bawah matahari (red:dunia) dihadapi dengan berbagai masalah dan pergumulan hidup. Pengen rasanya ke Surga, dimana ga perlu mikirn hal2 duniawi lagi, karna isinya hanya memuji dan menyembah Tuhan. Tapi pertanyaannya emang udah siap kalo dipanggil Tuhan? #berat nih omongan. Oke gag usah dibahas di postingan ini.

Selain rutinitas pekerjaan di kantor, gw sengaja melibatkan diri dengan kegiatan lain di luar kantor yang sesuai dengan hobi gw. Sengaja sih emang, menyibukkan diri dengan tujuan supaya gw ga bosen dan ga terpancing emosi dengan pergumulan hidup gw yang satu itu lagi.
Satu cara yang ampuh juga untuk ngelupain masalah ataupun pergumulan hidup adalah kehadiran teman share. Setiap orang pasti punya teman tapi tidak semua teman bisa diajak share atau bertukar pikiran dan saling memberi teguran yang bisa membangun dan menguatkan lawan bicaranya. Bersyukur gw punya teman2 seperti ini yang selalu bersedia menyendengkan telinganya, meluangkan waktunya, dan memberikan nasehat2 yang bisa menguatkan gw. Bersyukurnya lagi, gw pun bisa jadi teman share buat orang lain. That’s what friends are for.

Jadi rutinitas kegiatan dan kehadiran teman share adalah salah dua hal penting yang sangat penting dalam kehidupan gw terutama buat orang yang amat bosenan kayak gw ๐Ÿ™‚
Tapi hal yang paling penting dari dua hal di atas adalah membangun kehidupan pribadi yang baik dengan Tuhan. God bless us ๐Ÿ˜€

The shortest distance between a problem and a solution
is the distance between your knees and the floor.

 
Leave a comment

Posted by on April 24, 2012 in Life Sharing

 

Dalam Tuhan ada jalan keluar

Dalam setiap kepanikan, ketahuilah pasti Tuhan sudah menyiapkan kejutan setelah kepanikan itu.
Dalam setiap kebuntuan, ketahuilah pasti Tuhan sudah menyiapkan jalan keluar setelah kebuntuan itu.

Hari ini, aku kembali mengalami campur tangan Tuhan untuk membantu terselesainya pekerjaanku. Pekerjaan memang menuntut kerja keras dan tanggung jawab. Bagiku adalah hal yang tidak biasa untuk melakukan pekerjaan yang terkait dengan server + linux + command line. I’m not a qualified person to do this job. Tapi, justru disinilah pointnya, bagi Tuhan, kita patut bersyukur karena dalam segala kelemahan2 kita, disitulah letak kekuatan kita. Lagi-lagi, Tuhan membentuk kita melalui masalah. Masalah membuat manusia untuk mengandalkan Tuhan dan kamu akan melihat kuasa Tuhan dahsyat. Sesuatu pekerjaan yang sulit bagiku untuk aq kerjakan, dan membuat aq mencari bala bantuan untuk membantu memecahkan masalah tsb, hingga kepanikan memenuhi pikiranku, namun akhirnya pertolongan Tuhan nyata dan Ia mengirim orang untuk membantuku and absolutely It Works !!

Semua ini adalah proses pembelajaran, pengalaman yang sangat berharga, dan yang paling penting adalah proses pembentukan karakter. ย  Apa pelajaran melalui kejadian ini ? Tuhan memakai kelemahan kita untuk membentuk kita baik dari segi pengetahuan maupun kepribadian/karakter. Seperti halnya pekerjaan ini, sejujurnya aq bukan orang yang jago IT (seperti yg sudah kukatakan di postingan terdahulu), aq hanya orang yang mau belajar dan berusaha untuk bertanggung jawab. dan terselesainya pekerjaan ini yang pasti bukan hanya aq yang mengerjakan, tapi karena bantuan orang lain yang pengetahuannya lebih banyak dan pastinya aq jadi belajar juga dengan mereka terkait pekerjaan ini. Melalui kejadian ini, kembali aq diingatkan untuk tetap mengandalkan Tuhan, jangan mudah menyerah, ingatlah setiap orang punya kesusahannya masing-masing, tak perlu kita pandang kesusahan orang itu tidak ada apa2nya dengan kesusahan yang aq alami (misalnya) jadi tidak perlu minder karena ketidakmampuanmu terhadap sesuatu.ย  Tuhan sedang membentukku agar aq juga lebih percaya diri dan jangan takut karena aq punya Allah yang besar yang sanggup mengatasi setiap persoalanku. Amin. GB

~di dalam Tuhan ada jalan keluar atas masalahmu~

 
1 Comment

Posted by on January 13, 2012 in Life Sharing

 

Tuhan mengasihiku

Andai saja aq membuat catatan kejadian dalam hidupku setiap hari, aq yakin pasti cerita tentang campur tangan Tuhan akan memenuhi setiap catatanku. Ada satu kalimat yang simple tapi sangat bermakna buat hidupku, satu kalimat yang sudah sering banget kita dengar, kalimat yang membawa pengaruh buatku dalam mengambil keputusan, kalimat itu adalah Tuhan mengasihi aku.

Entah kita sadari atau tidak, tahukah kamu bahwa dalam setiap kejadian dalam hidupmu, Tuhan sedang berbicara padamu ? Aku sudah sering mendapat peringatan dan teguran dari Tuhan, ketika apa yang aku lakukan atau akan aq lakukan itu tidak berkenan di hati Tuhan. Tapi berulang kali Tuhan berusaha berbicara kepadaku, berulang kali juga aq tidak mendengarkanNya. Dapatkah anda bayangkan, andai saja aq menurut untuk mendengarkan dan melakukan perintah-Nya ? Mungkin aq tidak perlu terjebak dalam dosa dan tidak terjebak dalam dampak dari kesalahan yang aq lakukan akibat tidak mendengarkan suara-Nya.

Manusia cenderung memiliki rasa ingin tahu terhadap sesuatu, namun tidak semua keingintahuannya itu bernilai positif. Inilah salah satu cara iblis melakukan aksinya. Iblis menggunakan setiap celah yang bisa ia jangkau untuk menghancurkan anak-anak Tuhan. So be carefull !! Karena ingin tahu tentang ini dan itu, maka menumbuhkan keinginan manusia untuk mencoba-coba meskipun ia tahu betul apa yang dilakukannya itu salah. Katakan saja misalnya keinginan untuk merokok atau narkoba atau sex sebelum merit. Perbuatan itu timbul dari adanya keinginan, dan Iblis akan membuat manusia semakin terpuruk dan terus terjatuh dalam dosa, dan semakin membuat kita JAUH dari Tuhan.

Rasa letih, lelah, jenuh dan segudang aktivitas yang cukup menguras tenaga dan waktu pun menjadi cara Iblis untuk menjauhkan kita dari Tuhan. Tidak adanya lagi waktu untuk berdoa, kalaupun berdoa ya ala kadarnya saja *yang penting gw uda berdoa. Tidak ada lagi waktu untuk memuji dan menyembah Tuhan. Tidak ada lagi waktu teduh. Inilah salah satu KRISIS Iman. Kita perlu penyegaran untuk mengembalikan semangat kita. Semangat bukan hanya semangat bekerja. Kalau anda sadari, ketika anda memiliki hubungan yang baik dengan Tuhan, maka perasaan anda akan berbeda, ada SEMANGAT dan SUKACITA yang berbeda. Bandingkan dengan sekalipun karir atau kehidupanmu baik2 saja, namun hubunganmu dengan Tuhan tidak demikian.

Hal inilah yang sudah lama kurindukan.ย  Merindukan adanya waktu2ku bersama Tuhan, Merindukan hadirat Tuhan dalam hidupku, Merindukan pujian2 dan penyembahan bagi Tuhan, dan Merindukan sukacita yang berbeda di dalam Tuhan. KRISIS Iman yang aq alami semenjak mulai bekerja, membuat aq benar2 merasa JAUH dari Tuhan. Hingga akhirnya hari minggu kemarin 07012012 di Gereja, saat didoakan oleh pendeta, aq terjatuh dan dapat secara lepas berdoa dan menangis kepada Tuhan. Aq merasa Tuhan pun sedang menangis bersamaku dan memelukku, betapa aq merasakan Tuhan merindukanku, namun aq semakin jauh dari Tuhan karena segala kesibukan dan ritunitasku. Hari itu, Tuhan membuat aq merasakan kembali betapa Tuhan mengasihiku. Dan tahukah kamu, bahwa selalu ada cara Tuhan untuk membawa anak-anak-Nya kembali kepada-Nya.

Jika saat ini, engkau merasa begitu jauh, saya menyarankan anda mengambil waktu sejenak untuk berdiam diri, jauh dari segala rutinitas anda, pejamkan mata anda, dan cobalah MENGINGAT setiap perbuatan Tuhan dalam hidupmu.

  • Mengingat semua yang Tuhan lakukan dalam hidup kita dapat mempertebal iman dan memampukan kita untuk menghadapi tantangan apapun yang menghadang kita.
  • Mengingatย semua yang Tuhan lakukan dalam hidup kita dapat merangsang pikiran yang positif dan dapat mendorong kerinduan kita untuk datang kepada-Nya.
  • Mengingat campur tangan Tuhan dalam kehidupanku, memberikanku iman dan keberanian untuk menghadapi tugas-tugas yang harus kuhadapi saat ini.

Tuhan Yesus memberkati.

 
1 Comment

Posted by on January 9, 2012 in Life Sharing

 

New Year 2012

It’s all because of grace,..

 
Leave a comment

Posted by on January 1, 2012 in Life Sharing