RSS

Why I have to write ?

25 Jul

Menjadi penulis itu bukan hal yang mudah karena sekalipun inspirasi bisa datang dari mana saja, namun apabila tidak ada keinginan untuk menuangkan inspirasi tersebut dalam sebuah tulisan maka inspirasi itu hanya sampai di pikiran kita tanpa ada seorang pun yang mengetahuinya. Padahal bisa jadi, inspirasi tersebut dapat memberikan inspirasi bagi orang lain yang membacanya melalui sebuah tulisan. Tapi hal inilah yang perlu anda ketahui sebagai seorang pembaca, karena bagaimanapun sebuah tulisan ditulis, tulisan tersebut lahir dari sebuah pemikiran yang mungkin tidak dapat diungkapkan dengan kata2 melalui ucapan tapi kata2 melalui tulisan.

Jika anda adalah seorang yang ingin menulis namun tidak tahu apa yang harus anda tulis, maka mulailah dari hal sederhana di sekitar anda. Misal ada sebuah meja di depan anda, maka mulailah menulis tentang meja. Misalkan bentuk meja,kaki meja,kegunaan meja,barang-barang yang berada di atas meja,alas meja,dan banyak hal lain yang bisa anda tulis untuk mendeskripsikan tentang sebuah meja. Apapun yang berada di sekitar anda dapat menjadi inspirasi untuk menulis.

Mungkin anda berpikir untuk menulis sesuatu yang lebih besar dan lebih berarti daripada sebuah meja. Saya beritahu kepada anda bahwa, seorang penulis hebat sekalipun tidak mengawali tulisannya yang begitu hebat secara langsung begitu saja. Ia pun mengawalinya dengan keinginan untuk menulis apapun yang berada di sekitarnya, mungkin diary hidupnya atau orang-orang yang berada di sekitarnya. Namun, ketika Ia membaca kembali tulisannya, Ia menyadari bahwa aku bisa menulis dan aku ingin orang lain pun dapat membaca tulisanku. Keinginan itulah yang membuat penulis-penulis hebat yang anda baca bukunya saat ini, menjadikan tulisan mereka sebagai inspirasi bagi orang yang membacanya, entah apakah itu buku filsafat, humor, novel, buku pelajaran, dan berbagai buku lainnya.

Jadi mari kita patahkan pendapat bahwa menulis itu membutuhkan bakat. Seumur hidup anda pasti pernah menulis, apapun itu. Jadi rata-rata orang di dunia ini bisa menulis, namun kenapa tidak semua orang menjadi penulis. Seorang penulis adalah seorang yang memiliki kesukaan dalam menulis, karena mungkin banyak orang yang bisa menulis tapi tidak banyak orang yang suka menulis, sehingga keinginan untuk menulis itu hanya temporary saja. Saya pribadi bukan orang yang senang menulis apalagi membaca. Dua hobi itu tidak ada dalam diri saya, namun saya selalu merasa sangat disayangkan, banyak inspirasi saya yang hanya berakhir begitu saja di otak saya dan kemudian dilupakan begitu saja, karena inspirasi yang datang tersebut hanya sementara saja.

Untuk itu, saya merasa saya perlu mulai belajar untuk menuangkan inspirasi saya melalui sebuah tulisan. Saya pun mulai belajar menulis melalui media blog. Ada kebanggaan tersendiri yang muncul ketika saya membaca kembali tulisan saya, kebanggaan itu pula yang anda rasakan ketika anda membaca hasil tulisan anda. Apalagi ketika tulisan itu dikomentari oleh orang lain dan orang tersebut merasa menemukan inspirasi melalui tulisan anda. Hal tersebut akan memacu anda menjadi semakin bersemangat untuk menulis hal-hal baru lainnya yang ada di otak anda, yang selama ini hanya diketahui oleh anda.

Melalui sebuah tulisan, anda dapat berbagi informasi dan inspirasi dengan orang lain, bertukar pendapat, dan menjalin relasi dengan orang lain. Jadi, jangan batasi imajinasi anda, jangan batasi inspirasi anda, dan jangan batasi kreativitas anda. Tuangkan semuanya itu melalui tulisan karena inspirasi anda akan menjadi sangat bernilai dan berharga ketika hal tersebut dapat memberikan inspirasi baru bagi orang lain yang membacanya. Dan bagi saya sebenarnya tidak ada tulisan yang bagus ataupun jelek karena setiap tulisan akan memberikan pandangan/kesan yang berbeda-beda bagi orang yang membacanya. Jadi tanamkanlah dalam diri anda, ketika anda mulai menulis yaitu pandangan/kesan apa yang anda ingin orang lain berikan saat membaca tulisan anda, maka saat itulah anda tahu seperti apa anda harus menulis dan tujuan akhir dari tulisan anda. Selamat berkreasi melalui tulisan.

 

 

 

 
Leave a comment

Posted by on July 25, 2012 in Life Sharing

 

Leave a Reply

 
