RSS

Bernyanyi itu sulit

13 Mar

Latihan vokal membuat saya sadar bahwa ternyata bernyanyi itu sulit. Menurut guru vokal saya, bernyanyi itu bukan sekedar mengeluarkan bunyi melalui mulut. Adanya kebutuhan terhadap teknik bernyanyi yang benar membuat munculnya profesi guru vokal.

Kebiasaan bernyanyi dalam choir ternyata membentuk suatu pola ketika saya bernyanyi yaitu memfokuskan suara pada rongga mulut, dan secara tidak langsung ini juga yg membentuk suaraku cenderung rendah dalam bernyanyi. Sebenarnya tidak ada salahnya memfokuskan suara pada rongga mulut namun suara yang terbentuk akan cenderung seriosa, sedangkan untuk penyanyi solo (wanita) ada baiknya memfokuskan suara pada hidung dan ubun2 (tujuannya agar dapat menjangkau nada tinggi).

Center of Voice inilah yang pertama kali dilatih dan ternyata sulit memfokuskan suara pada hidung. Selain itu diimbangi juga dengan teknik pernapasan diafragma yang benar untuk mengatur tinggi rendahnya nada. Jadi selama ini, baru saya sadari ternyata yang saya lakukan bukan bernyanyi tapi hanya mengeluarkan suara ;))

Teknik benyanyi yang sedang saya latih ini disebut “Bernyanyi dengan Teknik NLP”. Neuro-Linguistic Programming (NLP) adalah model komunikasi interpersonal dan merupakan pendekatan alternatif terhadap psikoterapi yang didasarkan kepada pembelajaran subyektif mengenai bahasa, komunikasi, dan perubahan personal.  Lebih jauh mengenai NLP. Menerapkan atau membentuk NLP dalam bernyanyi akan membentuk pola suara atau warna suara menjadi seperti yang kita inginkan. Hmmm,..saya juga penasaran dengan hasil latihan vokal ini nantinya. Oke,.we’ll see.

 

 
3 Comments

Posted by on March 13, 2012 in Singing

 

3 responses to “Bernyanyi itu sulit

  1. sorcerershell

    March 28, 2012 at 00:27

    nyanyi..\o\
    nyanyi.. |o|
    nyanyi.. /o/

     
  2. sorcerershell

    March 28, 2012 at 07:36

    gue bisa ganteng gak ya kalo pake teknik NLP? #eh
    :-“

     
    • yessajah

      March 28, 2012 at 11:29

      hahaha,..bisa mas kayaknya,..

       

Leave a comment